66 PPS di Kelurahan Metro Siap Kawal Pemilu di Tahun Depan

0
16
Foto: 66 PPS di Kelurahan Metro Siap Kawal Pemilu di Tahun Depan. (Ist)

Metro (matarajawali.id)- Sebanyak 66 Panitia Pemungutan Suara (PPS) Kelurahan di Metro siap kawal Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 mendatang.

Itu menyusul, telah dilantiknya ke-66 PPS di masing-masing kelurahan yang ada di Bumi Sai Wawai di Aula Aidia Grande Hotel, Selasa (24/01/2023).

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Metro, Nurris Septa Pratama menjelaskan, hari ini pihaknya telah melantik PPS kelurahan yang nantinya akan ditugaskan untuk mengawal berjalannya proses Pemilu tahun 2024.

“Jadi, ini kita melantik 66 PPS kelurahan, dimana di masing-masing kelurahannya ada keterwakilan sebanyak 3 orang,” ungkapnya.

Dikatakannya, dari ke-66 PPS tersebut terdapat keterwakilan perempuan sebanyak 23 orang.

“Artinya kita tetap menjaga komitmen untuk tetap melibatkan keterwakilan perempuan, di PPS ini lebih dari 30 persen,” kata dia.

Tak hanya itu, pada PPS untuk Pemilu 2024 mendatang ini, KPU juga melibatkan banyak tenaga muda. Diamana itu merupakan hasil evaluasi dariĀ  Pemilu 2019 lalu, yang memakan banyak korban jiwa.

“Jadi, kita memerlukan itu ya, dimana pada Pemilu yang lalu kita ketahui bersama, telah memakan banyak korban,” bebernya.

Oleh karenanya, pada Pemilu 2024 mendatang KPU tidak hanya mengedepankan pengalaman, namun juga para PPS ini harus mampu menggunakan teknologi.

“Kita ada yang namanya Sirekap (Sistem Informasi Rekapitulasi) yang harus bisa menggunakan Handphone, jadi itu juga menjadi indikatornya,” ujarnya.

“Selain itu, kerja KPU ini juga kan kerja jangka panjang oleh karenanya dibutuhkan tenaga mudanya juga, dan ini dikolaborasi antara yang sudah berpengalaman dan yang mudanya,” sambung dia.

Dirinya juga mengibaratkan, para pemuda ini dengan warisan dari semangat mendiang Presiden RI pertama yaitu, Ir. Soekarno.

“Memang yang muda yang saat ini berprestasi dan juga yang akan menguasai zaman,” singkatnya

BAGIKAN