Putusan Ketua DPRD Terkait Raperda Pertanggung Jawaban Pelaksanaan APBD 2021

0
20
Foto: Rapat Paripurna Tentang Penyesuaian Raperda Pertanggung Jawaban Pelaksanaan APBD 2021. (Ist)

Probolinggo – (MataRajawali.id)
Wali Kota Probolinggo Habib Hadi Zainal Abidin, menghadiri Rapat Paripurna dengan agenda Penetapan Keputusan Pimpinan DPRD Kota Probolinggo tentang Penyempurnaan dan Penyesuaian Raperda Kota Probolinggo tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD tahun anggaran 2021 hasil evaluasi Gubernur Jawa Timur, di ruang sidang utama, kamis (04/08/22).

Turut hadir dalam Raperda tersebut Abdul Mujib (pimpinan DPRD Kota Probolinggo), Nasution (Wakil Ketua I DPRD), Teguh Bagus S (sekretaris DPRD), dua puluhan orang anggota DPRD dan Sekda Kota Probolinggo drg. Ninik Ira Wibawati.
Nasution mengatakan rapat paripurna kali ini dilaksanakan berdasarkan ketentuan Pasal 9 ayat (4) huruf a nomor 2 Peraturan DPRD Nomor 1 tahun 2019 tentang Perubahan Peraturan DPRD Kota Probolinggo Nomor 1 Tahun 2018 tentang Tata Tertib DPRD Kota Probolinggo.

Menyimak Rancangan Keputusan Pimpinan DPRD Kota Probolinggo yang dibacakan oleh Sekretaris DPRD Teguh Bagus S. Pertanggung Jawaban Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kota Probolinggo tahun anggaran 2021 diantaranya Realisasi Pendapatan dan Belanja Daerah serta Realisasi Pembiayaan Daerah.

Realisasi Pendapatan dan Belanja Daerah sendiri meliputi Pendapatan Daerah sebesar Rp. 993.879.239.176, 00, Belanja Daerah Rp. 898.555.784.164,00. Sehingga terjadi surplus sebesar Rp. 95.323.455.011,00. Sedangkan Realisasi Pembiayaan Daerah, meliputi Penerimaan Daerah sebesar Rp. 204.052.324.535,00 dan Pengeluaran Daerah sebesar Rp 30 M.

Raperda ini telah dilakukan penyempurnaan dan penyesuaian oleh Wali Kota bersama DPRD. Pada kesempatan itu juga dilakukan penandatanganan keputusan terhadap Raperda Kota Probolinggo hasil evaluasi Gubernur Jawa Timur oleh para pimpinan DPRD Kota Probolinggo yaitu: Abdul Mudjib, Nasution dan Fernanda Zulkarnain.

Saat menutup Rapat Paripurna Nasution mengucapkan terimakasih pada seluruh pihak yang telah membantu pelaksanaan pembahasan terhadap Raperda tersebut.
“Kami atas nama pimpinan mengucapkan terima kasih pada Komisi – Komisi dan Banggar beserta tim dari Eksekutif yang telah bekerja keras dan sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugasnya dalam membahas Raperda dimaksud, sehingga pembahasannya tepat waktu, sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan,” tutupnya. (mbah ERQIN)