Peringati Hari Kartini, EWINDO Berikan Edukasi Kepada Para Petani Wanita

Foto: Peringati Hari Kartini, EWINDO Berikan edukasi ke Para Petani. (ars)

Lampung (matarajawali.id)- Memperingati Hari Kartini Perusahaan benih sayuran PT East West Seed Indonesia (EWINDO) atau dikenal dengan “Cap Panah Merah” memberikan edukasi kepada para petani wanita agribisnis hortikultura.

peran perempuan indonesia bukan lagi sosok yang hanya diam dirumah mengurus suami dan anak, dalam memperingati Hari Kartini PT EWINDO atau “Cap Panah Merah” melakukan pembinaan para wanita disektor pertanian dan memberi pembinaan terhadap pedagang serta pelaku usaha yang terlibat dalam rantai pasok agribisnis hortikultura.

Hal tersebut tergambar dalam diskusi dengan tema “Peran Perempuan Hebat Dalam Mewujudkan Pertanian Indonesia”, yang digelar di kecamatan jati agung, provinsi Lampung, Kamis, 21 April 2022.

Saat menghadapi tantangan perubahan iklim global dan pertumbuhan populasi yang besar, wanita memiliki peran yang sangat penting dalam mewujudkan kemandirian dan kedaulatan pangan dalam lingkup keluarga petani, wanita juga menjadi penentu dalam produksi pertanian, oleh Karena itu EWINDO memiiki perhatian besar dalam memberikan pembinaan terhadap perempuan di sektor pertanian khususnya agribisnis hortikultura.

Commercial Director PT East West Seed Indonesia (EWINDO) Ganesh Prayugar Satyagraha menyampaikan, Dalam memperingati Hari Kartini ini, EWINDO memberikan edukasi kepada wanita yang bergabung dalam agribisnis hortikultura, menurutnya, peran seorang wanita sangat penting dalam sektor pertanian, supaya dapat mewujudkan kemandirian dan ketahanan pangan dalam lingkup keluarga petani.

Foto: EWINDO) atau dikenal dengan “Cap Panah Merah” memberikan edukasi kepada para petani wanita agribisnis hortikultura. (ars)

Tidak hanya memberdayakan wanita yang terlibat dalam rantai pasok agribisnis hortikultura, dalam proses produksi, EWINDO bahkan telah menyerap tenaga kerja polinator wanita lebih dari 30 ribu orang untuk memproduksi benih sayuran unggul berkualitas yang tersebar di Jawa Timur, Jawa Barat dan Banten. Para tenaga kerja wanita tani ini mendapatkan pelatihan budidaya pertanian termasuk teknik pembungaan atau polinasi tanaman serta Posisi penting dalam upaya penemuan varietas atau produk baru EWINDO juga diisi oleh para wanita. “Ungkapnya”

Salah satu petani, Liya menjelaskan, edukasi yang selama ini PT EWINDO memberikan edukasi telah membangkitkan semangat dalam menjalankan bisnis di sektor pertanian, sehingga dapat membangkitkan ekonomi dalam keluarganya.

Menurutnya, “Melalui pembinaan EWINDO, keterampilan dan pengetahuan wanita tani semakin meningkat sehingga berdampak pada peningkatan produktivitas tanaman. Kami juga dapat terhubung dengan pedagang untuk memasarkan hasil pertanian dan dapat mengakses sarana dan prasana pertanian dengan lebih efisien,” tandasnya.

PT EWINDO menyadari pentingnya keterlibatan wanita di seluruh aspek bisnis, Ke depan, pihaknya akan membuat kelompok-kelompok petani yang anggotanya berisi petani wanita serta istri-istri petani dan membuat kegiatan demplot dan lain-lain yang biasa dilakukan oleh petani pria. Kami percaya dengan berinvestasi dalam pemberdayaan wanita akan mewujudkan kesejahteraan keluarga sekaligus pertumbuhan bisnis secara berkelanjutan.

Acara tersebut dihadiri oleh Commercial Director EWINDO Ganesh Pamugar Satyagraha, General Manager Corporate Affairs EWINDO Fransiska Fortuna, para narasumber Desmalia, petani wanita, Warsini pedagang hasil pertanian dan Misbahul Umam distributor benih sayuran dan sarana pertanian serta para undangan. (ars)