Pemulihan Ekonomi, MUI Kota Probolinggo Gelar Pasar Jumat Berkah

Foto: Pemulihan Ekonomi, MUI Kota Probolinggo Gelar Pasar Jumat Berkah. (Erqin)

Probolinggo (matarajawali.id)- Wabah virus Covid-19 yang melanda sejak tahun 2019 lalu tidak hanya menimbulkan korban jiwa, namun juga berdampak kepada berbagai aktivitas masyarakat, terutama pada sektor ekonomi. Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Probolinggo menginisiasi program Pasar Jumat Berkah (PJB), yang diselenggarakan di halaman Masjid Al-Hidayah Kota Probolinggo, sebagai salah satu upaya untuk membantu memulihkan perekonomian masyarakat. Sabtu (19/03/2022)

Tim Matarajawali.id mendatangi lokasi acara yang terletak di kawasan Komando Distrik Militer 0820 Probolinggo tersebut untuk menggali informasi seputar penyelenggaran program PJB dan respon dari masyarakat.

“Jadi ini pilot project (proyek percontohan), nanti kalau sudah banyak peminatnya, akan dikembangkan di setiap Kecamatan, nanti MUI Kota Probolinggo akan kerja sama dengan MUI di tingkat Kecamatan,” terang Mochammad Halim, panitia program Pasar Jumat Berkah.

Halim, yang juga menjabat sebagai anggota Seksi Pemberdayaan Umat MUI Kota Probolinggo, menjelaskan bahwa program diselenggarakan secara rutin setiap hari Jumat tersebut tidak memungut biaya apapun, baik untuk pengunjung dan pedagang.Sampai dengan hari Jumat kemarin (18/03), program PJB telah dilaksanakan dua kali di lokasi yang sama, namun acara tersebut masih sepi dari pengunjung.

“Mungkin karena masih awal, jadi belum maksimal, masih bertahap,” ujar Haris Wahyudi, salah satu pedagang yang berpartisipasi dalam PJB.

Haris menyarankan agar sosialisasi masyarakat ditingkatkan, sehingga lebih banyak masyarakat yang mendapat informasi dan berpartisipasi dalam program Pasar Jumat Berkah, terutama saat bulan Ramadhan mendatang.
(Davieq A/ mbah Erqin)

BAGIKAN